Hallo...

menghargai hak cipta sebagai usaha orang lain dalam berkarya berarti menghormati diri sendiri sebagai insan yang bijaksana

31 Januari, 2013

Ingin

 Pertemuan dan perkenalan tanpa diatur
inikah nasib...
atau Tuhan memang sengaja berkehendak demikian
Mata kita bertemu
dari perepisode kehidupan
bersama kita lewati
baik hal suka atau duka
Sedalam mata memandang
Jiwa ini terpanah
Hingga terpasung hati ini
Zina hati ini ingin bercerai
Memerdekan jiwa
Laksana jiwa meronta
Meminta sucikan diri dari hadas
Yang membusukkan jiwa
Ingin aku berguling-guling diatas debu-debu suci
Agar bersih hatiku
Dari sang penyamun hati

27 Januari, 2013

Kapan

Dalam jiwa melemahkan kalbu
Dalam tanya menguatkan doa
Dalam mimpi menuntun hasrat
Entah apa arti semua ini
Menjadikan ancaman baru bagiku
Dengan jiwa mana ku melangkah
Dengan jiwa mana yang akan menyambutku...
Kapan....

yang akan terjadi bukan sulapan
bukan pula ilmu teori terapan
yang mendapatkan nilai jempolan
bukan pula berupa keajaiban

namun dia hadir dari ketidaktahuan
dari segala keterbatasan
dari kebingungan menyebabkan keraguan
dan kepastian itu jadi pertanyaan
kapan...?

bahkan episode pencarian tak juga ditemukan jawaban
kebodohan menjadi ancaman
sebagai harga mati kepercayaan
kapanpun,kapan menjadi pertanyaan
Pencarian jadi hal melelahkan
juga mengharukan
hanya hati ini tiada menyakini dengan bosan
bahwa takkan ada kebaikan dalam kesia-siaan

24 Januari, 2013

Cemburu

Dan berlari mengejar mimpi dan ambisimu
 Sisakan keringat asam dihembus oleh angin mamiri 
Di siang bolong ke tanah ranahku
Entah demi siapa
 Ku terka demi harkat dan kehormatanmu.
Ku tak sangsikan 
Namun bisa ku hargai segala usahamu menoreh prestasi yang terukir di wajahmu.
Ada kebanggaan terpancar terlihat syahdu memikat mata-mata perempuan belia saja.
Aku sangsikan adakah hakku untuk cemburu?

***
Aku berdiri disini
Tanpa hirauan dengan muka basi
Yang berharap kau jadi peduli
Dan hampir termakan rasa cemburu
Tapi pikirku untuk apa ku berburu padamu
perasaan ini harus ku buat berpikir dua kali
Ku tak mau jadi rancu begini
Tuhan tolong bantu aku
kembalikan aku ke jalan Mu
Menghampirimu dalam sujud yang kelamaan
Di hening malam kita berduaan

23 Januari, 2013

Bagian Dari-mu


Robbi...

Bersepasang dengan ciptaa-Mu, bagian agama-Mu
Mengarungi alam raya dengan umur,bagian rahasia-Mu
Dengan siapa dengan apa hamba hidup, bagian rahmat-Mu
Robb... 

dengan izin-Mu ku belajar arungi waktu,
dengan cinta-Mu ku belajar kendalikan godaan hidupku...


Hadirku atas kehendak-Mu
Tiada upaya melainkan dari-Mu

Cinta dari-Mu adalah segala harapanku sebagai hamba-Mu
Hidayah dari-Mu adalah segala petunjukku sebagai jalan kebenaran-Mu

Jangan biarkan ku berpaling dari cahaya-Mu
Tuntun aku menuju kasih-Mu
Ditempat indah yang Kau janjikan

20 Januari, 2013

Dulu dan sekarang

masa itu telah terlewati
namun angin cinta membawamu lagi kemari
Duhai cinta atas dasar apa kau bersua dihatiku
Duhai cinta atas dasar apa kau hadir di mimpiku
salahkah aku berharap nyata tuk kau samai hatiku
salahkah aku berharap nyata tuk kau hadir dihadapku
tak cukup tahu dirikah aku, bila mendambamu
tak sepantas apa aku, bila sandingimu
tak tahukah kau , terakhir itu sempat aku tak berharapmu 
tak tahukah kau, sekarang aku termakan godaanmu
Lalu ku balas godaanmu
kurang apalagi aku kini 
kurang apalagi segala uji ini
ku tak mau tersakiti 
namun apa dayaku tak kuasa melawan rasa ini 
terpasung hati ini, 
terpanah asmaramu 
menghujam didadaku 
tak bisa kakiku berlari jauhimu 
ku hanya mampu diam ditempat 
tanpa bisa ku mengumpat 
menahan perih 
jua sedih... 
hatiku serasa mendidih..!! 
menunggumu bilang kau cinta aku,,,
Hingga  akupun marah dengan kebodohanku
Aku tak sudi seperti ini
Akupun tak mau bila cinta jadi benci
Aku tak mau selamanya terbelenggu
Dengan kharisma lelakonmu
 Ku yakin detik ini
semua harus usai disini
Terima kasih atas pelajaran ini

18 Januari, 2013

Sembako Murah

aku bertanya sama siapa ya? Ebiet.G.Ade menyuruh bertanya pada rumput yang bergoyang.Tapi ditunggu dari tadi gak kelihatan goyangannya.
Ku lihat yang disana, jadinya aku bertanya pada pucuk benalu dipohon mangga yang bergoyang saja "beras,gula,minyak goreng pada kena pajak negara juga kan ya?"
" emang apa sih yang nggak kena pajak? ha ha ha warteg saja gosipnya mau dikenain pajak"
" Ya Tuhan,
kalaupun iya beneran kena pajak.Lalu beras,gula dan minyak goreng sebetulnya termasuk barang kebutuhan primer atau sekunder ni...?! atau jangan-jangan termasuk kebutuhan tertier.wah-wah kalau hidup sederhana dikehidupan sehari-hari yang dimakan apa dong ya...? "
"itu rumput yang gak mau goyang dimakan aja..!"
" eh,,,hush.. jangan makan rumput..!! ntar kambingnya gak kebagian...?!"
" tumben sempet-sempetnya mikirin pajak negara dari beras,gula dan minyak goreng?!"
" Tadi siang aku baru ngrasain bagiin sembako murah lewat penjualan stiker Rp.2000,- lalu ditukar sama sembako yang isinya 2 kg beras,1 liter minyak goreng dan gula 1 kg ditambah lagi 2 bungkus mie instan, melihat sebagian besar ibu-ibu yang sudah tua bersama anak-anak kecil pada antri ditanah lapang"
"lalu..."
" Alhasil aku hampir kegencet orang yang pada antri sembako, dan sebelnya lagi tanganku jadi korban tertumpah tinta.Pada gak sabar sih mereka...nih liat kukuku pada biru,susah ilangnya..."
" tapi nggak kapok kan?.."
" Ya jangan kapok, toh aku masih baik-baik saja.."

16 Januari, 2013

Isi Kepalaku

Berputar-putar isi kepalaku,mencari bahasa macam apa yang mau diketik buat meramaikan bacaan di akunku.maklum memori otakku bukan macam barang digital yang bisa sembarangan muncul jawaban.Atau pun bukan semacam pesawat televisi yang bisa dipencet mau nomer berapa?.Bukan pula layar sentuh yang gampang saja dengan sesuka hati mau butuh apa?...

well-well-well otakku perangkat lunak binti keras karena berada didalam tempurung kepala.Didesain oleh Yang Maha Kuasa,Dia-lah Yang Maha Sempurna lepas dari kekuranganku sebagai manusia biasa.So...anda juga kan? hehew maka sayangilah kepala anda.

Tentu saja kepala yang jumlahnya hanya satu dan tiada duanya harus dijaga dan dirawat sebaik-baiknya.Entah kepala ini bagus atau jelek ya harus diterima dengan syukur. Lha wong kita tak mungkin juga cari pengganti kepala.Karena tidak dijual bebas dipasaran.

Kalaupun memang benar ada pasaran menjualnya bukan berarti kita bisa bebas bersuka-hati merepasi tubuh kita.Bukankah hidup paling menyenangkan bila kita memiliki tubuh sehat dan bugar tanpa perlu tubuh kita diotak-atik seperti mesin robot.meskipun begitu dokter bedah dan kecantikan mengalami perkembangan kemajuan yang pesat.

Kalau menurutku sih sesuatu yang alami itu jauh berharga daripada olahan tangan manusia yang mengundang dampak dan resiko hingga kematian.

Ya meski pernah denger-denger berita kalau ada juga orang menjual organ tubuhnya dengan harga tertentu yang tak mungkin dijual dengan murah meriah.Karena pastinya, orang yang rela menjual organ tubuhnya dalam situasi terjepit butuh uang.

Dan yang lebih mengerikan lagi bila ada orang yang jual organ-organ tubuh manusia tapi kita tidak tahu organ tubuh yang dijual milik siapa.

Kalau yang pernah tahu berita kasus tenaga kerja Indonesia yang pulang ke Indonesia dalam keadaan tak bernyawa dan bila dibayangkan adanya desas-desus yang beredar bahwa keadaan tubuhnya sudah tak normal seperti sediakala.yakni tubuh yang telah membujur kaku itu terdapat beberapa jahitan.Dan bisa jadi beberapa bagian organ tubuhnya diambil untuk didonorkan.Mengerikan sekali.Kabar yang kini terdengar di Rusia diketahui ada berita semacam itu yaitu menjual organ tubuh manusia.
Kalau mau tahu baca aja berita ini.Selamat menyimak dengan baik...!
http://mynewshub.my/2013/01/08/kilang-me...

13 Januari, 2013

C-I-N-T-A

................
Cek dan ricek isi hatimu...
Indahkah yang kini melanda rasa dan jiwamu?
Namanya siapa yang bisa menggetarkan hatimu?
Tanyakan pada hatimu?...
Ayo jawab dengan kejujuran dikedalaman hatimu...!
..................
Cinta bisa jadi madu...
Ia bisa menyehatkan lahir-batin
Nasib menuntun kita
Teralamatkan bagi hamba-hamba Tuhan
Akankah kita bagian orang yang beruntung itu?

...................
C-I-N-T-A
...................
Cinta selalu mengundang rasa
Ia mendamaikan jiwa-jiwa yang tenang
Namun Ia juga bisa merusak tatanan kehidupan
Tak  bisakah dibayangkan apa jadinya?
Andai manusia menatap rindu indahnya cinta
...................
Cuma kepada Tuhan saja kembali
Ingatkah tentang seruan firman Allah?
Nasib cinta dijaminkan oleh-Nya
Tempat pemilik Sang Maha Cinta bila jadi dasar cinta kita
Andaikan para manusia bisa penuh menyadari
................ 
Cinta yang ditasbihkan tak luput  jadi ajang pertaruhan
Impian cinta dikepala manusia jadi seonggok perjudian
Nista bila cinta berubah menjadi aib
Tak semestinya aib karena cinta menjadi bulanan
Aib itu akibat jeratan bisikan syetan
.............. 

12 Januari, 2013

Lagu malamku

Ku nyanyikan lagu malamku ku nikmati dengan kedua telingaku , ditengah kemalamanku sambil menarikan jari-jemari diatas huruf-huruf abjad menekannya dengan penuh perasaan , ikuti kata hati.

menumpahkan segudang isi hati lalu dipilah mana yang pantas untuk ditampilkan.beberapa kalimat telah ku ketik namun setelah ku baca berulang kali ku putuskan untuk menghapusnya.ada sesuatu,sesuatu ada....

Dan nampaknya sesuatu itu pantas disembunyikan.Toh, yang lain tak mau tahu.Apa peduli mereka.Lagi pula mana sudi aku merepotkan banyak orang.Ku pikir aku bisa mengandalkan kemampuanku sendiri.Jadi mengapa juga aku tularkan resah dan gelisah ini.
Akupun sejauh ini masih baik-baik saja.Bila aku ceritakan ini, belum tentu semua akan berjalan lebih baik lagi.Bisa jadi malah masalahku tambah runyam.Ini sesuatu yang tak perlu dijadikan berita publik.

Bukankah biasa bila tiap diri lelaku manusia memiliki area pribadi yang seharusnya ditutup rapat-rapat.Jangan sampai ada kebocoran.Ini termasuk rahasia antara Tuhan dan dirinya.Dirinya siapa tak perlu kau tanyakan itu.Aku yakin ini bukan hal penting buatmu.Sudahlah.Pesanku jaga dirimu baik-baik.

Bila ada lubang didepanmu jangan sampai kau jatuh dan terluka.Tapi kalau sampai nasib buruk menimpamu.Tak perlu heran.Memang begitulah kehidupan.
Ada keberuntungan ada juga keapesan.Dari situ tergantung kita sejauh mana bisa mengambil hikmah dan pelajaran.Masalah takkan berhenti menguji kita.Seberapa kita mampu bersyukur atau malah mencaci nasib.

Selagi nyawa dikandung badan.Jangan sampai marah-marah kepada Tuhan.Jangan berpikir Tuhan tak adil.Mata hati dan pikiran kita hanya seonggok daging yang kemampuannya sangat terbatas.Sungguh Jauh dibawah Penglihatan Allah yang selalu terjaga dalam keabadian.

Sedangkan kita manusia niscaya hidup dibawah kekuasaan-Nya.Tiada kekuatan selain Dia yang Maha Pengasih dan lagi Maha Pemurah.Semoga Allah selalu melindungimu dari bahaya yang mengancam.Salam selamat dan sejahtera.

Syukuri

Syukuri http://kom.ps/AEI8QT lewat @kompasiana 
Ku sapa siang ...
Ku lihat mendung merengkuh makin dalam
Langit yang biasa biru seketika jadi usang
Kenapa dingin jadi dendam...
Masih ku tunggu mentari bersinar terang
Musim penghujan sebabkan ia jarang datang
Begini bila musim episode berganti
rasa cemas mengundang salah arti
Biar-biarlah...
Tak mengapalah...
Syukuri saja apa yang diberi
Apa yang diberi diterima dengan senang hati

Tak perlu emosi
Bila ada masalah harusnya diatasi
Bukan malah dicaci...
Hidup ini sekedar di uji...
Siapa bersabar , siapa memperoleh prestasi?
Bisa dilihat lewat mata hati
Mata hati yang dipancari cahaya suci
Karena kecintaannya pada Illahi Robbi

Air Mata Kecewa Melati

Air Mata Kecewa Melati http://kom.ps/ADSgBY lewat @kompasiana
Warna malam yang hitam telah pudar terhapus datangnya pagi. Jarum jam berdetak melangkahi angka batas malam bersama acuan perdetik. Tatapan sinar mata Indah yang sayu Nampak mekar tak seperti biasanya ,ketika memandangi foto pernikahannya dengan Mashadi yang dipasang berada dinding ruang tamu.Kemarin siang bingkai fotonya diganti menyambut ulang tahun pernikahannya yang kedua belas.Adakah Mashadi tahu?.Indah bertanya dalam hati.
Busur panah mata Indah fokus mengarah sang pemilik wajah tampan, yang bibirnya memulas senyum.Dia adalah suami tercintanya dengan khas dua lesung pipit menghiasinya.Dalam foto Mashadi itu amat terlihat hangat.Nampak jelas bahwa ada yang menyelimuti jiwa Mashadi yang tertaut dengan senyumnya dalam satu aliran nadi yaitu cinta dan bahagia. Saat dimana jalinan mereka sebagai dua insan yang berbeda disatukan secara sakral dan suci . Mereka tersenyum bahagia.Tak dipaksa atau terpaksa untuk tersenyum. Dan tetap tersenyum pada setiap bidikan kamera saat itu.Mereka tersenyum karena hati yang berbunga-bunga.Bukan oleh karena tendensi.Bukan sama sekali.
Tapi untuk saat ini yang dirasakan Indah telah berbeda.Senyum suaminya telah berubah. Gambar wajahnya berbeda dengan yang dulu, dua belas tahunan yang lalu.Seolah tiada Aura bahagia yang terpancar di hati melainkan sebuah tujuan yang bukan suci lagi.
Mashadi mudah sekali emosi.Bahkan tega berbuat kasar padanya.Bila menu makanan tak sesuai seleranya.Tak segan-segan ia membanting piring didepan kedua anaknya.
***
“Papa Jahat! Papa curang!” sesaat setelah melihat televisi Melati berteriak heboh hingga meramaikan seisi rumah yang semula sunyi.

Sampai-sampai Indah yang sibuk menyiapkan makan malam terusik mendengar jeritan putrinya yang pintar dan akan menyelesaikan pendidikannya dibangku sekolah dasar.Seperti malam-malam kemarin di bulan ini,tadi Mashadi mengabarkan membatalkan makan malam sekeluarga dan kemungkinan tidak pulang.Beralasan karena sibuk kerja mengharuskannya menempuh perjalanan yang tidak dekat untuk pulang-pergi.
“Lalu dengan siapa Melati marah-marah?…” Benak Indah dihadapkan penasaran atas sikap putrinya.
Indah bersegera mempercepat laju langkah kakinya menuju ruang keluarga dimana tadi Melati sedang asyik menikmati Film, Indah mendapati putrinya yang terkenal pintar disekolah itu menangis tersedu-sedu dengan dua telapak tangan menutup muka.
“Ada apa, sayang? Kenapa kok marah-marah ?” Indah datang menghampiri lalu membelai rambut Melati yang lurus dan panjang. Lalu memeluk dalam hangat kasih sayang.dihapusnya air mata yang luruh di pipi merah yang merona tergambar di wajah putrinya.
“Papa curang, Ma… !” Teriak Melati dengan suara serak. wajah manis Melati menghilang .Tak ada rona bahagia terpancar seperti hari biasanya.
“Papa lagi pergi, sayang….” Indah berujar bingung.Dalam hati ia penuh harap kepulangan suaminya.
“Itu berarti Papa curang, Ma…!” tukas Melati, ekspresinya penuh kesal “Mama tahu di mana Papa sekarang? Mama tahukan? Aku tadi telpon papa lima kali ma…! Tapi nggak diangkat-angkat?!…” Melati membrondongi mamanya dengan banyak pertanyaan.
Pikiran dan batin Indah serasa terkuras, untuk bisa memberi pengertian kepada anaknya demi meredakan tangisan dan sesegukan yang menyayat hati. Lama Indah berpikir.
“Papa sibuk sama teman-teman barunya,anakku.Sibuk ngurusin pekerjaan.Berjualan baju dari hasil konveksi bersama teman-temannya dari kota ke kota. Melati kangen sama papa ya? Mama juga kangen.Mungkin papa lagi nggak bisa diganggu.yang sabar ya sayang…”. Indah bertutur dengan nafas terputus-putus. Indah menguatkan dirinya demi jiwa anaknya yang tak tahu dunia orang dewasa.
Indah menghela napas panjang dan menghembuskannya lama. Apa yang dirasakan akhir-akhir ini ternyata menjalar dalam segenap perasaan putrinya.
Lama Indah beristighfar membujuk hatinya sendiri untuk bersabar.Indah meneruskan tanya pada Melati, “Kok Melati ngatain Papa curang,kenapa sayang?, coba bilang ke Mama? Jangan begitu dong sayang, sama Papa.Papa yang disana juga pasti kangen sama anak mama yang cantik..hmm…”
Melati dengan ekspresi masam menatap lurus dan tajam ke arah mata Indah. “Melati lihat tivi, Ma… Papa kayak yang di tivi itu”. Melati menunjuk film barat yang beradegan seorang mafia narkoba bersama perempuan-perempuannya.
“Melati melihat Papa. Papa dijalanan bersama dua orang perempuan.Melati tidak suka dari perempuan itu berpakaian gak pantas dan gak sopan.Ida,Sasa dan Tini.Semua teman Melati juga lihat papa. Melati malu ma…maluuu…Papa kok setega itu sama kita Ma… ?.” Cecar Melati protes pada Mamanya.
Indah terperanjat. Seketika resah dan gelisah. Ada hening menyeruak diantara mereka.Mata mereka berseteru mencari kebenaran dari apa yang telah terjadi.Masih terbayang pertengkaran kecil dengan suaminya kemarin ketika akan berpamitan izin pergi.Tapi setelah itu sempat minta maaf dan memberikan senyum datar.Senyumnya terasa hambar tanpa kehangatan. Indah sangat merindukan sosok suaminya yang dulu.
“Ma…Mama kok diam? “ Melati bertanya ditengah suasana yang berkecamuk.
Perasaan Indah terasa teriris pilu melihat Melati harus menelan kekecewaan.Indah terdiam dalam waktu sejenak lalu tetes air mata berderai tanpa ia bisa bendung lagi.Indah-pun beranjak menghindar dari Melati karena bingung harus bicara apa lagi.Ia melangkahkan kakinya menuju kamarnya dengan berlari-lari kecil.

***

11 Januari, 2013

Misteri Rahasia

Ada misteri maha luas yang tidak bisa dijangkau,
Ia tak bisa diraba dan dirasa sebelum dialami…
Ia akan selalu merahasiakan dirinya di lorong lorong hidup yang tak semua orang tahu…

Seorang manusia bijak akan senantiasa siap menghadapi semua kemungkinan yang ada...
Yang Pahit dan yang manis dihadapi dengan jiwa yang lapang…
Demi mengungkap misteri kehidupan,…
Dibalik misteri akan ada rahasia yang terungkap,
Tabirnya membuka mata dihati manusia yang bijak…
Mengajak dewasa tuk mengecap tentang rasa…
Yang pahit dan yang manis dihadapi dengan jiwa yang lapang…
Ada rahasia dibalik misteri…
Setiap manusia punya rahasia…
Namun manusia selalu ingin tahu…
Ada sesuatu yang tak boleh manusia lain tahu…
Sst…
Jangan buka rahasiaku,…!
Biar cukup Tuhan dan kamu yang tahu…

10 Januari, 2013

Bicara Pada Angin


Sendiri aku duduk menepi
dalam bayang sepi
diujung mimpi
***
sekejap angin datang dengan cepat
tanpa diduga
menyilir sekelabat
sedikit bersahabat
parodikan senyuman
lalu tiba-tiba bisu….
datar…
Lalu menghilang tanpa permisi
memancing sejuta tanya,
***
Wahai angin,,,,!!
hendak engkau bawa kemana cintamu,,,,?
bisa saja kau terbang sesukamu
meninggalkan daun berguguran diatas tanah tandus akibat kemarau
lalu mengering tanpa kau panggil hujan
sia-sia pula ku teriaki kau…
apa pedulimu ?….
hingga detik ini kau tetap bernyanyi diatas awan
namun ku tak sanggup paksamu
menyeretmu…!
memintamu turunkan cinta dibumiku…
Dayaku teriakimu
hingga mulutku berbuih
biar letih
biar tinggal merintih
maka terkenang sedih

Menunggu Sinaran

Dalam malam 
mengorek arti rasa cinta
Ketika kehadiran senja yang temaram
 membuat perasaan gelisah serasa mencengkeram
Dan diliputi warna buram
Apakah ini yang namanya perasaan cinta buta?
Karena yang terasa adalah gelap mata
kemanakah gerangan jawaban
Bilakah esok datang jawaban,
Akan disambut dengan kegirangan
Demi perubahan
Atas segala dambaan
.......................
Tentang arti cinta yang dimaksud
Tak kuasa bibir ini menyebut
Lantas sesal ini kian menjadi
saat aku lihat nun jauh berada disana,
Di ufuk barat yang dingin perasaan itu membeku
Menunggu datang sinaran
Sampai kapan?
Ku tunggu hingga kemalaman
Entah kapan datang?
Sinaran dari segala sinaran....
Tak ada kejelasan yang bisa ku jelang
................
Masih dalam detik ini
Ku tunggu sinaran
untuk sinari hati ini
agar rasa dingin ini
melebur
Mencair
menyublim
 Tiada lagi dingin
Yang ada adalah kehangatan selimuti diri
kapan...


09 Januari, 2013

Bukan Sekedar Mimpi

Bukan Sekedar Mimpi http://fiksi.kompasiana.com/puisi/2013/04/16/bukan-sekedar-mimpi-546822.html lewat @kompasiana 
Terdiam dengan apa yang terjadi
Tak bisa ku tutup mata
Melihat sesuatu yang nyata
Tanpa pernah aku duga
Tuhan menghadirkan hal-hal yang tiada ku sangka
Menuntutku harus semakin tumbuh dewasa
Mengenyahkan egois yang pernah terasa
Melunakkan keras kepala di jiwa
Hidupku bukan sekedar isapan jempol belaka
Semoga keputusan ini yang ada
Jauh-jauh dari celaka...
Sungguh benar bahwa manusia bisa berencana
Lalu yang terjadi, terjadilah...
Andai masih bisa bermimpi,bermimpilah...
Selagi masih ada malam membawa pulas
Dan esok hari tak boleh lupa bergegas
Membuka mata jalani hidup yang nyata...
Apapun yang terjadi...
Karena hidup bukan sekedar mimpi...

05 Januari, 2013

Berkata Apa

menarik aku berkata.
Tiap orang bebas berkata apa.
Sesuai apa maunya
Ada sedih ada duka
Pun juga nestapa
Layaknya kehidupan yang semestinya ada
Bila tiada tak akan terasa beda
Karena hidup memang tiada duanya
Bukankah hidup tak bisa dibeli oleh harta-benda?
Orang bahagia boleh bangga
Tapi tak baik bertepuk dada
Ada cinta yang membara
Ada luka yang melara
Orang malang jangan sampai bermuram durja
sebaiknya bersikap biasa
Dan jangan sampai berbuat dosa
Buatlah hidup berjalan seperti biasanya
Tanpa perlu ku sebut apa namanya
Karena ku tahu kau tahu harus berbuat apa
Buka mata buka hati untuk siapa
Sadari muka banyak rupa-rupa
Bisa jadi menipu yang lupa

03 Januari, 2013

Gombal

Saat mata kita bersitatap waktu itu
Masih terekam jelas dalam ingatanku
Matamu ibarat infra merah berpendar-pendar menembus  hatiku
Tak kau lupa pasang senyum pesonamu
Ku balas senyummu dengan aih geli jadinya hatiku
Kaupun pasang aksi  melindungi dibelakangku
Tanpa berani menyentuhku
Membuatku makin berbunga-bunga waktu itu
Tanpa berkurang rasa hormatku
Serasa kau adalah pahlawanku
Tanpa ada niatku memanfaatkan segala kebaikanmu
Bergetar-getar hatiku merasakan betapa kuat  medan magnetmu
Buat aku makin tersipu malu
Hari ini ku kenang dirimu
Jari-jemariku tak mampu menghitung jasa baikmu
Tiada jemu ku mengingat apa yang ada pada dirimu
Takkan pernah ku sesali kenanganku bersamamu
Karena kau adalah teman baikku
Sejak dulu mengenalmu
Semoga akan selalu begitu
Akan ku jaga rasa ini untukmu
Ku harap Tuhan-pun merestui inginku
Agar kau bersanding dipelaminanku
Biarkan hatiku hatimu menyatu
Dalam denyut nadi yang berdesir
Ku kan merajuk tuk merayu pada takdir
Agar  aku yang akan jadi perempuanmu
Dan kau yang akan jadi lelakiku
Kau pula yang terindah kan kujadikan pakaianku
Akupun kan jadi yang terindah tuk kau jadikan pakaianmu

Banyak Alasan

Banyak alasan untuk tetap jalani hidup ini ….
Ada banyak perbedaan untuk dijabarkan…
Tapi banyak persamaan yang bisa untuk diungkapkan…
Apa yang menyenangkan untukmu…
Belum tentu menyenangkan untukku…
Tawamu barangkali akan menjadi tawaku…
Banyak alasan untuk orang bertanya…
Ada banyak ketidaktahuan menjadi tanda tanya…
Tapi banyak jawaban yang bisa dicari…
Apa yang membuatmu menderita…
Belum tentu membuatku menderita…
Sedihmu barangkali akan menjadi sedihku…
Hidup ini akan menjadi sebuah cerita,
Apa yang dijalani menjadi kisah perjalanan manusia
Banyak alasan dari apa yang dijalani karena problema….
Boleh sama boleh beda,….
Dalam kehidupan ini…
Mengapa tak seindah pelangi?
Apa mungkin karena ada dosa yang diulangi?
Jeritan batin selalu minta dikasihani…
Banyak alasan bibir ini memilih diam terkatup
Demi menghindari sebuah cerita
Banyak alasan karena menghindar menjadi problema…
Boleh suka boleh tak suka,…
Begitu banyak alasan menjadi pilihan…
Demi sebuah pembenaran…
Antara ada dan tiada,…
Sadari Tuhan selalu ada …

Tak Hanya Hari Ini,Setiap hari Selalu Ada Doa Buat Ibu (Spesial Hari Ibu)

Ku sibak memori yang tersimpan dalam otakku.
Banyak kisahmu hadir .Ku simak hatiku.
Berisikan tentangmu yang takkan pernah usai .
Terlalu banyak cerita.
Terlalu banyak cinta yang kau beri.
Tanpa bisa ku hitung.
Jangankan jari-jariku ini.
mesin canggih kalkulatorpun takkan sanggup
menghitung cintamu yang kau berikan kepadaku.
—<3---
Maafkan aku tak bisa membalas jasamu padaku.
Ini sesalku ibu.
Maafkan anakmu.
Bila salahku ada padamu.
Ini pintaku.
Entahlah jika kau tahu.
Dan jika ini kau dengar.
Ku yakin Tuhan-pun Maha Mendengar.
Atas jerit segala rasa ini.
—<3----
Ibu,Kau telah pergi enam tahun lalu.
Tinggalkan kami anakmu.
hari ini sepenggal doa ku haturkan ke hadirat Illahi lewat senandung rinduku.
Semoga ibu damai di keharibaanmu di alam sana.
Doa agar kau bahagia  teruntukmu.
Ku pinta pada Tuhan agar jalanmu diterang-benderangkan.
Tempatmu Luas dan diperindahkan.
Bahagialah wahai ibuku…
bahagialah kau disana.
Hatiku telah lama mengikhlaskanmu.
—<3---
Ibu,Takpun juga hari ini.
Bahkan esok.
Dan esoknya lagi.
Ku janjikan padamu sebuah doa.
Setiap hari selepas sholatku.
Setiap saat ku teringat padamu.
Akan selalu ada doa buatmu.
Bahagialah kau disana.
Jangan bersedih.
Dan jangan ada derita.
Tersenyumlah.
Terimalah hadiah doa persembahanku.
Doa yang sama sekali tiada memberatkanku.
Terimalah peluk hangat dan kasih sayangku dalam hati yang takkan pernah lelah menyapa dalam rindu.
———————————————————————————————
Tanggal 22 Desember ,…
kita semua memperingati sebagai hari ibu.
Bukankah, ibulah yang telah bersusah payah atas segala jasanya?
Menimang janin dalam perutnya selama Sembilan bulan lamanya,
Kemanapun ibu pergi dengan isi perut yang semakin bertambah besar dan berat
Ia bawa kesana-kemari setiap saat tanpa mengenal waktu dan tempat,
Dengan sabar dan ikhlas menerima sebagai titipan Tuhan sebagai anugerah kebahagiaan.
—<3---
Ibu pula yang harus rela merasakan bagaimana sakitnya melahirkan.Bahkan harus siap bersedia menerima apapun yang terjadi andai nyawapun jadi taruhan.
—<3---
Ibu pulalah yang rela memberikan ruang dan waktu demi membesarkan buah hatinya.Susah senang dijalani.Berbagi tangis dan tawa.hingga sang buah hati beranjak dewasa bahkan kasih sayangnya takkan lekang oleh waktu.
—<3---
Teruntuk para ibu, ”Selamat hari ibu” :
Seseorang bertanya kepada Nabi-nya,(Al-Hadits)
“Siapa yang harus lebih aku cintai?”
“Ibumu…!”
“Siapa lagi,wahai Nabi..?”
“Ibumu…!”
“Siapakah lagi, wahai Nabi…?”
“Ibumu…!”
“Lalu siapa lagi,wahai Nabi…?”
“ Ayahmu…”
Begitu mulia Islam memposisikan seorang Ibu.
Selayaknya ibu kita dicintai tiga kali dibanding ayah kita.
Subhanallah….SELAMAT HARI IBU

Bisa Nggak Sich,Aku Melupakanmu?

Bisa Nggak Sich, Aku Melupakanmu? http://kom.ps/ADOs0J lewat @kompasiana
Adakah seseorang yang bisa menjelaskan padaku tentang segala yang aku rasakan ini.Mengapa perasaanku bisa sekomplit ini? . Bingung untuk ku urai satu demi satu. Aku tak mengerti bagaimana bisa kamu tiba-tiba memenuhi langit otakku. Sampai jatuh di palung terdalam hatiku. Heran, tak ada teorinya ataupun hukum yang mendasari dengan apa yang terjadi padaku.Serasa gila jadinya.

Semoga kamu masih ingat saat kita bertemu waktu itu, kita saling berkenalan lalu membuat kisah, entahlah bagaimana hingga bisa aku mencintaimu. Semua mengalir begitu saja di antara kita. Tahukah kamu?, bahkan kamu mulai banyak menyita hari-hariku. Kamu menguasaiku. Kamu menjelma jadi huruf-huruf dalam kata yang terjalin dalam kalimatku di diaryku.Barangkali iya, aku jatuh cinta padamu.Bagaimana denganmu?

Ah, andai saja kau tahu. Semakin lama mengenalmu.Hati ini kian terpaut padamu.Aku percaya semua tentang cerita baikmu dan segala kharisma yang kau punya. Aku janji pada diriku sendiri , Aku bakal temanimu dimanapun kau berada bila itu permintaanmu. Aku ingin hatimu yang beku mencair dan menghangatiku.Apalagi di waktu musim hujan yang panjang ini , rasa dingin membuatku berharap kau kan menemaniku.Ku harap kau kan percaya. Sebetulnya perasaan ini telah lama ku sembunyikan. 

Tapi mengapa perasaanmu tidak peka , seolah tak peduli pada isyarat-isyarat dariku.Kadang aku menggerutu karenamu.Sebel jadinya.Mungkin kau sempat tak menyadari bahwa nyaris ku cemburu bila kau bersama gadis lain.rasa-rasanya hatiku panas tak karuan, hingga mau mendidih.Kau bagiku seperti kompor saja.Jadi tolong jangan bakar aku dengan api yang ada padamu.Selama itu aku memang bisa menyembunyikan banyak hal sampai-sampai kau tak memahami dengan apa yang sebetulnya terjadi.

Tahukah kamu? Aku tidak bisa melupakanmu…. ini benar lho, aku tak berbohong padamu! Aku selalu ingat caramu bercanda denganku. Caramu mencuri perhatianku. Senyum-tawamu yang lucu, namun tetap terlihat memesona dalam ingatanku. Kisah yang ku alami bersamamu itu seakan kamu buat sengaja agar aku tak akan melupakanmu. Bisakah kamu membuatku lupa?, karena aku tidak tahu bagaimana agar bisa menghilangkan kamu dari pikiran-pikiranku.Uh, perasaanku ada diantara bahagia juga sesal…hgh…?!

Sungguh aneh. Kalau aku pikir-pikir.Bukankah kita tak banyak waktu berbicara dari hati ke hati,hampir tak pernah untuk saat ini.Apalagi bertemu dan jalan berdua, hmm… Rasanya itu tak mungkin. Kita berbeda, antara ruang dan waktu, apa yang bisa menyatukan kita?
Ada yang selalu ingat dari pesan yang kau kirimkan lewat HP-mu , adalah ” Aku ingin selalu jadi sahabatmu, meski sebenarnya inginku lebih dari sekedar sahabat “. Andai kau tahu aku senang bukan main, saat sms itu kau kirimkan untukku. Tapi aku terus berpikir, apa aku harus sesenang itu, karena mungkin saja sms-mu tanpa perasaan, hanya membalas sms dari seorang teman lama saja. 

Sebel-sebel, jika aku tak tahu isi hatimu yang sebenarnya. Kamu tak bisa ku tebak, “ Rahasia “ begitu jawabmu, mengapa aku kau buat heran dengan jawabanmu. Aku takut salah menerjemahkan isyarat-isyarat yang kau tunjukkan kepadaku. Aku takut mengartikan kata-kata manismu yang mungkin saja kau juga mengatakan hal sama pada gadis lain. 

Aku takut memercayai bentuk perhatian yang kau perlihatkan secara tak nampak bagi teman-temanku.Rasa takut membayangiku.Hei-hei… Kenapa Cintamu malah menakutiku. Semakin takut jika perasaan ini bertumbuh ke arah yang tak ku bayangkan. Please dech, bantu aku. menghentikan semua ini?! , beri penjelasan sejelas-jelasnya padaku.Jika prasangkaku adalah sesuatu yang salah dan perlu diluruskan. Tolong kembalikan aku yang dulu ,sebelum kita bertemu, sebelum nantinya aku mengganggu hidupmu.Dan hidupmu malah jadi berabe.
Kenapa Tuhan memberi wajah ganteng padamu ya?. Mungkin kamu tak pernah tahu bahwa Aku sedang berjuang melawan gantengmu yang mulai memenuhi seluruh langit-langit otakku, seperti bintang berkelap-kelip indah yang kelam di malam hari tanpa siang yang terangi jalanku.

Sulit untuk bisa aku percaya, kenapa kau bisa terlihat nyata. Aku yakin ini bukan mimpi. Ternyata kita bisa berjalan sejauh ini. Dan, tanpa ku sadari waktu yang telah berjalan selama ini, tiada pernah berani kukatakan satu hal yang mungkin mengagetkanmu bahwa sebenarnya aku menyukaimu.

Jika aku boleh membayangkan kau juga suka padaku.Aku ingin kita segera kawin saja.Biar tak ada rasa rindu yang akan menyakitiku.kamu yang ganteng akan selalu aku temani melewati sepanjang hari-harimu. Mengulang tawa-canda.Menyulap duka jadi suka.Ah…lagi-lagi membayangkan kamu.Hmm… sebel tapi suka.Gimana caraku bisa melupakan kamu?

Diantara rahasia yang menjadi perasaan selalu tak biasa
Biarkan segala kenangan menjadi indah tuk dikenang sepanjang masa
Dan apa yang kita rasa menjadi pondasi atas segala asa
Mari kita hapus lara dan duka

TAHUN BARUAN




Katanya sih, "TAHUN BARU"....So what gituh lhoh...!. Bagiku malam tahun baru atau malam-malam lainnya  sama saja artinya bagiku. Suasana jalan dipadati anak-anak muda.Terdengar tiupan terompet yang membahana penuhi udara malam.Jalanan menjadi berjubel.Kalau sudah memasuki area jangan berharap untuk mudah keluar apalagi yang berkendara.Hal itu tujuannya Sekedar melihat pesta kembang api saat memasuki waktu 00.00 WIB atau tanggal 1 Januari.Barengan dengan itu semua ada acara hiburan yang diadakan pihak penyelenggara.Yang tentu saja temanya tak lain musik-musik yang digandrungi anak muda jaman sekarang.Ini berarti tak sangkut pautnya mengangkat nilai-nilai agama karena bukan acara pengajian dong ya…
Membayangkan malam tahun baru membuatku merasa gerah untuk pergi keluar.Aku memang tak terlalu suka dengan keramaian.Suasana sepi dan tenang malah menjadi tempat menarik bagiku.Lagipula malam-malam seperti tahun baru menjadi acara yang sudah terlalu biasa seperti halnya malam-malam tahun baru kemarin tak ada istimewa.Suguhannya paling juga begitu-begitu saja.Membosankan.Enakan tiduran menikmati hiburan yang ada di rumah sendiri.Apalagi hujan dan gemuruh petir mewarnai malam tahun baru dipenghujung 31 Desember 2012.Rasanya enakan dirumah peluk bantal dan guling.He hew…Seumur-umurpun aku tak punya momen kenangan yang berkaitan dengan tahun baru.
Ah…apa mungkin aku yang sekarang sudah tak bisa dibilang muda lagi.Bukankah,Tiap orang memang memiliki selera yang berbeda-beda yang tak mungkin dipaksa untuk sama.Tapi tak sedikit orang bilang kapok setelah mengikuti acara malam tahun barunan karena capeknya nanti tak karuan sebab terasa bĂȘte juga.Justru ,ketika waktu dihabiskan sekedar duduk ditengah lautan manusia menunggu berjam-jam menyaksikan pesta kembang api.Setelah acara kembang api usai, semua tanpa kecuali akan bubar menuju alamatnya masing-masing.Itupun harus dengan kesabaran karena tak mudah untuk bisa lolos dari kepungan manusia.
Memang akan asyik-asyik saja bila terdiri dari sekelompok teman,atau bagi yang punya pasangan meski nanti resikonya mengundang fitnah.Ya… semua kembali pada pribadi dan pilihan masing-masing.Apapun pilihan diri sendiri silahkan dinikmati dan resiko tanggung sendiri akibatnya.Wah…bukan maksud mengancam lho.Sekedar kasih warning saja.
Akhir kata selamat tahun baru Masehi 2013 karena penanggalan pemerintah kita mengacu pada kalender ini dan selamat menggunakan kalender baru tentunya.Kalender yang lama 
boleh dibuang apa perlunya mengoleksi kalender yang telah usang.Bukankah begitu kawan?....